5 Cara Mudah Merawat Genset

5 Cara Mudah Merawat Genset

5 Cara Mudah Merawat Genset

Bagi kamu yang bekerja sebagai seorang teknisi genset atau kerja lain di bidang yang berkaitan dengan genset dan cara pengoperasiannya, kamu pasti sudah tidak asing dengan cara merawat genset. Yups, tepat sekali. Sama halnya dengan peralatan lain, genset juga membutuhkan perawatan khusus.

Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan khusus tersebut? Adakah cara yang mudah dan sederhana? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak beberapa penjelasan singkat mengenai cara mudah merawat genset di bawah ini.

  • Perhatikan Tempat Penyimpanan

Hal pertama yang wajib kamu lakukan untuk merawat genset adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanan dari genset. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu memperhatikan letak dari genset itu sendiri.

Letakkanlah genset di tempat yang kering. Hal ini dikarenakan genset dapat cepat rusak bila terkena air. Tak hanya itu, genset juga sebisa mungkin tidak terkena matahari langsung. Sebab sama halnya dengan air, paparan sinar matahari langsung dapat mempermudah kerusakan yang terjadi pada genset. Bahkan akibat terkena air atau paparan sinar matahari langsung dapat membuat genset mendatangkan sengatan listrik saat dinyalakan.

  • Perhatikan Sirkulasi Udara

Tak hanya memperhatikan tempat penyimpanan genset. Untuk merawat genset dengan baik, kamu juga harus memperhatikan sirkulasi udara di tempat penyimpanan genset. Cara merawat genset ini sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan sirkulasi udara memang sangat dibutuhkan di dalam tempat penyimpanan genset. Sebab sirkulasi ini dibutuhkan sebagai ventilasi udara untuk membuang gas buangan ( dari sisa pembakaran ) yang berupa asap.

Sirkulasi udara yang baik, memungkinkan pembuangan sisa pembakaran bisa berlangsung dengan baik. Sehingga tempat penyimpanan genset lebih aman dari racun. Selain itu, sirkulasi yang baik juga membuat genset tidak mudah panas.

  • Pastikan Kebersihan

Bukan hanya masalah tempat. Dalam merawat genset, kamu juga harus memastikan kebersihan dari genset. Ketika genset bersih tanpa noda, debu dan kotoran lainnya, maka kinerja dari genset akan semakin bagus dan optimal. Oleh karenanya kebersihan dari genset harus benar-benar kamu jaga. Terutama di bagian radiator. Dimana radiator merupakan bagian utama dari genset. Selain itu, radiator juga merupakan bagian yang sensitif dari sebuah genset.

  • Lakukan Pengecekan Rutin

Ketika melakukan perawatan genset, salah satu hal yang wajib dilakukan tentunya adalah pengecekan rutin. Pengecekan ini berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya spare part yang rusak atau aus termakan waktu. Pengecekan ini sangat penting. Sebab spare part sangat penting dalam kelangsungan kinerja genset. Bila ada komponen ( spare part ) dalam genset yang mengalami kerusakan maka kinerja genset akan mengalami penurunan. Bahkan satu komponen mengalami kerusakan maka komponen lain pun bisa ikut rusak.

Oleh karenanya pengecekan genset merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Pengecekan ini harus dilakukan secara berkala. Entah itu, pengecekan di tempat service genset maupun melakukan pengecekan pribadi dengan pedoman via buku atau YouTube dan internet.

  • Pastikan Telah Mengoperasikan Genset dengan Benar

Selain perawatan genset seperti halnya yang telah dijelaskan di atas, kamu juga wajib memastikan bahwa pengoperasian genset telah dilakukan dengan benar. Baik genset bekas pun bila dioperasikan dengan baik dan benar maka akan bertahan lama dan memiliki kinerja yang baik. Begitu pula sebaliknya. Bila genset baru tidak digunakan dengan benar, maka genset tidak akan bertahan lama. Oleh karenanya bukan hal yang aneh bila pengoperasian yang baik dan benar menjadi salah satu cara merawat genset yang mudah dan sederhana.