Cara Pasang Genset yang Baik dan Aman

Cara Pasang Genset yang Baik dan Aman

Begini Cara Pasang Genset yang Baik dan Aman

Genset merupakan alat penghasil daya listrik. Cara kerja genset dengan mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi listrik yang dapat digunakan. Jika dahulu genset lebih banyak digunakan untuk keperluan industri, di era sekarang genset telah merambah ke keperluan rumah tangga.

Cara Pemasangan Genset yang Benar

Dalam pemasangannya, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan supaya tidak terjadi kesalahan teknis, seperti percikan api, kebocoran listrik, hingga hal berbahaya yang tidak diinginkan. Nah, berikut ini adalah cara pasang genset yang aman.

  1. Periksa kondisi genset

Sebelum memasang genset, lakukan pemeriksaan pada kondisi genset Anda. pastikan bahwa genset berada dalam keadaan baik dan tidak rusak.

  1. Cari lokasi yang pas

Cara pasang genset berikutnya adalah mencari lokasi yang pas. Letakkan genset di luar ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik dan luas yang cukup. Jika genset berada di  dalam ruangan, pastikan ruangan tersebut tidak padat penghuni.

Untuk genset yang diletakkan di luar ruangan, berikan tutup pada bagian atas genset supaya terhindar dari hujan dan panas. Anda bisa menambahkan kayu pada bagian bawah genset yang berfungsi sebagai isolator jika terjadi kebocoran listrik.

  1. Pastikan semua kabel

Cara pasang genset yang ketiga adalah memastikan bahwa semua kabel yang terhubung sudah benar dan mampu menahan tegangan yang dihasilkan dari genset. Hindari pula untuk mencolokkan alat elektronik secara langsung ke genset. Tegangan terlalu tinggi yang berasal dari genset dapat mengakibatkan ledakan pada perangkat elektronik Anda.

  1. Hindari menghubungkan genset pada kabel rumah

Sangat penting untuk tidak menghubungkan genset langsung pada kabel rumah. Tindakan ini dapat memicu umpan balik menuju saluran listrik rumah. Jika hal ini sampai terjadi, dapat mengakibatkan kerusakan pada genset maupun utilitas Anda.

  1. Gunakan transfer switch

Untuk menghubungkan perangkat elektronik yang membutuhkan aliran daya listrik, Anda harus menggunakan transfer switch untuk menjaga keamanan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Jauhkan genset dari bahan bakar

Memastikan keamanan adalah cara pasang genset yang baik dan benar. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjauhkan genset dari bahan bakar, rokok, dan juga api. Selain itu, jangan membebani mesin genset melebihi daya yang dihasilkan. Hal ini bisa berakibat kerusakan pada peralatan Anda.

Manfaat Penggunaan Genset

Penggunaan genset memang identik sebagai pengganti daya listrik saat terjadi pemadaman dari PLN. Namun, tahukah Anda beberapa manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan genset? Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Segi kebutuhan

Genset mempunyai manfaat yang cukup menguntungkan bagi Anda yang memerlukan pasokan listrik cukup besar. Apalagi jika Anda menjalankan industri rumahan. Umumnya, genset bisa menghasilkan kapasitas daya 220 hingga 300 volt.

  1. Segi ekonomi

Selain memenuhi kebutuhan akan pasokan listrik dengan daya besar, genset juga bermanfaat dari segi ekonomi. Bagi pelaku bisnis rumahan, genset membantu proses produksi untuk tetap berjalan sekalipun listrik padam. Dengan begitu, usaha Anda dapat terus berjalan.

Demikianlah langkah-langkah memasang genset yang baik serta manfaat dari penggunaan genset. Sebelum membeli genset, pastikan berapa besaran daya yang Anda butuhkan untuk menunjang keperluan sehari-hari. Genset yang dipergunakan untuk kebutuhan industri biasanya haruslah mempunyai daya minimal 10% dari besar daya keseluruhan.

Disamping memastikan besaran daya sesuai kebutuhan, tentukan pula bentuk dari genset itu sendiri. Pilihlah genset dengan bentuk yang mampu menunjang aktivitas kelistrikan di tempat Anda. Lokasi peletakan genset bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih bentuk genset.

Tinggalkan Balasan