Macam Kapasitas Genset dari 1 KVA hingga 3000 KVA 

Macam Kapasitas Genset dari 1 KVA hingga 3000 KVA 

Ketahui Macam Kapasitas Genset dari 1 KVA hingga 3000 KVA

Seperti yang sudah kita ketahui, genset sendiri mempunyai fungsi yang sangat penting karena bisa digunakan sebagai cadangan listrik. Ada berbagai macam jenis genset yang ada di pasaran.  Salah satunya adalah adanya berbagai macam kapasitas genset dari 1 KVA hingga 3000 KVA.

Jenis-jenis genset berdasarkan kapasitasnya

Genset sendiri ternyata tidak hanya digunakan pada industri-industri besar ataupun rumah sakit saja tetapi juga sudah banyak digunakan pada perumahan yang membutuhkan listrik cadangan. Umumnya, terdapat 3 macam jenis genset berdasarkan kapasitasnya dari 1 KVA hingga 3000 kva. Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung menyimak ulasan yang ada di bawah ini.

  1. Prime capacity

Jenis genset pertama berdasarkan kapasitasnya adalah prime capacity atau kapasitas utama ini) merupakan kapasitas beban yang diharapkan mampu untuk menanggung genset dalam waktu yang tidak terbatas. Adapun beban tersebut ternyata juga bisa naik maupun turun. Tetapi total beban yang diharapkan sendiri biasanya berkisar dari 60 hingga 70 persen dari nilai kapasitas prime yang telah tertera.

  1. Continuous capacity

Berikutnya adalah continuous capacity dimana ini merupakan beban konstan yang bisa ditanggung oleh sebuah genset dalam waktu terus-menerus. Kata kuncinya sendiri adalah konstans. Dimana beban konstan tersebut merupakan besaran beban yang relatif lebih stabil dimana tidak berubah-ubah dan minim beban kejut.

Pada kondisi ini sendiri genset mampu berjalan selama 24 jam kecuali untuk perawatan. Adapun kapasitas continuous yang tertera adalah 90 hingga 95% dari kapasitas prime. Sebagai contohnya, kapasitas prime yang tertera adalah 1000 KVA maka kapasitas continuous bisa tartar hingga 90-95 KVA. Idealnya, genset ini sendiri hanya dibebabi 70-80% kapasitas continuous.

  1. Stand by capacity

Stand by capacity atau kapasitas siaga merupakan kapasitas genset yang ditetapkan dengan adanya pertimbanagn bahawa genset jarang digunakan sehingga mempunyai waktu yang lebih untuk beristirahat. Jenis genset yang satu ini biasanya mempunyai kapasitas yang tertera 5-10% lebih besar dibandingkan dengan kapasitas prime yang sudah tertera.

Sebagai contohnya, jika kapasitas prime adalah 1000 kva, maka kapasitas stand by yang bisa tertera adalah sekitar 105-110 kva.

Keuntungan menggunakan genset

setelah mengetahui berbagai macam kapasitas genset dari 1 KVA hingga 3000 KVA, maka anda wajib untuk mengetahui  apa sajakah keuntungan yang bisa anda peroleh dari penggunaan genset tersebut. untuk lebih jelasnya anda bisa langsung menyimak ulasan yang ada di bawah ini.

  1. Bisa menjadi pengganti listrik cadangan jika listrik PLN mati

Pemadaman yang dilakukan oleh pihak PLN memang sering terjadi. Tentunya listrik yang padam ini mampu untuk mengganggu aktivitas anda bukan? agar aktivitas anda tetap berjalan dengan baik, maka kami sarankan anda untuk menggunakan genset ini. pasalnya genset bisa menjadi pengganti listrik cadangan jika listrik pln sedang padam.

  1. Penggunaannya yang mudah

Bukan hanya itu saja, penggunaan genset sendiri ternyata juga sangat mudah. Keberadaan genset ini memang sangat dibutuhkan buat anda yang memiliki usaha yang sangat tergantung dengan keberadaan genset. Anda juga tidak perlu khawatir karena anda bisa memilih jenis genset yang sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki tersebut.

Genset memang menjadi salah satu alat yang sangat penting karena fungsinya yang bisa anda gunakan sebagai listrik cadangan. Sebelum anda membeli genset, ketahuilah berbagai macam kapasitas genset dari 1 KVA hingga 3000 kva.