Tipe Tipe Genset

Tipe Tipe Genset

Tipe tipe Genset yang Perlu Diketahui

Beberapa orang mungkin hanya mengenal satu jenis genset saja, padahal tipe Genset ini ternyata banyak macamnya. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya dibawah ini.

Kenali Tipe – tipe Genset

Berbicara masalah genset mungkin kebanyakan orang akan berpikir bahwa genset hanya satu jenis saja. Padahal sebenarnya jenis dan tipe Genset sendiri sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Genset Bensin

Untuk tipe Genset yang pertama adalah genset bensin. Sesuai dengan namanya, genset yang satu ini menggunakan bahan bakar bensin. Dibandingkan jenis lainnya, genset bensin tergolong paling banyak diminati.

Selain harganya lebih terjangkau, bahan bakar bensin mudah dicari. Biasanya genset jenis ini digunakan untuk kebutuhan pribadi seperti rumah – rumah. Kapasitas daya listrik yang dihasilkan bisa mencapai 10 ribu watt.

  • Genset Diesel

Kemudian ada juga tipe Genset Diesel. Sebenarnya jenis genset ini ada beberapa kelebihan, salah satunya ada sistem operasi yang mudah serta untuk biaya perawatannya tergolong murah. Namun jika dilihat dari harga, tipe Genset Diesel ini memang lebih mahal dibandingkan dengan Genset Bensin.

  • Genset Gas

Untuk tipe Genset Gas tergolong cukup mahal. Hal ini karena bahan bakar jenis gas LPG yang digunakan memang tergolong mahal. Namun jika menginginkan biaya yang lebih terjangkau, bahan bakar gas LPG ini bisa diganti dengan jenis gas lain yang terbuat dari kotoran hewan (CNG).

  • Genset Tenaga Surya

Dan tipe Genset yang selanjutnya yaitu Genset Tenaga Surya. Jika dilihat dari namanya jelas bahwa genset ini memanfaatkan tenaga surya atau panas matahari sebagai sumber dayanya. Ini artinya secara biaya memang bisa menjadi solusi untuk menekan budget.

Selain itu, dengan memanfaatkan tenaga surga juga menjadi langkah yang tepat agar lebih ramah lingkungan. Umumnya genset ini juga bersifat portable alias bisa dibawa kemana – mana sehingga lebih praktis.

  • Genset Turbin

Untuk tipe Genset yang terakhir adalah Genset Turbin. Genset jenis ini bisa menggunakan sumber air, angin maupun uap. Sedangkan untuk daya listriknya tergolong cukup besar yaitu bisa menghasilkan daya listrik mencapai 2 juta watt.

Hal Penting Sebelum Membeli Genset

Melihat fungsinya mungkin semakin banyak pihak yang berniat untuk membeli genset ini. Bahkan sekarang rumah – rumah pun juga sudah cukup banyak yang memiliki genset sebagai salah satu antisipasi saat terjadi pemadaman listrik. Lalu apa sajakah yang harus diperhatikan sebelum membeli genset?

  • Ukuran

Ketika membeli genset biasanya hanya akan tertera ukuran kVA (kw) nya saja, bukan watt. Maka pastikan anda mengetahui berapa watt kapasitas yang anda butuhkan. Sebagai contoh tertera tulisan 1.8 kw, maka itu artinya genset tersebut mampu menghasilkan daya listrik sebesar 1.800 watt.

  • Kapasitas

Apakah kapasitas dan ukuran berbeda? Sedikit berbeda. Jika diatas ukuran adalah kVA(kw) maka untuk kapasitas adalah dalam ukuran watt.

  • Tujuan Penggunaan

Hal terakhir yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk memilih tipe Genset adalah dilihat dari tujuan penggunaannya. Setelah tahu akan digunakan untuk apa  maka bisa membantu memilih ukuran serta kapasitasnya.

Sebenarnya jika sudah terbiasa membeli mungkin tak akan kesulitan untuk memilih jenis genset. Namun jika kebetulan anda adalah seorang pemula atau baru ingin membeli genset untuk pertama kalinya, maka beberapa tips diatas bisa jadi pedoman dalam menentukan tipe Genset seperti apakah yang paling tepat. Sebisa mungkin bijaklah dalam membeli, sebisa mungkin pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan