Memilih Genset Berdasarkan Kebutuhan KVA Genset di Rumah Biasa, Rumah Sakit, Apartemen, Dll

Memilih Genset Berdasarkan Kebutuhan KVA Genset di Rumah Biasa, Rumah Sakit, Apartemen, Dll

Cara Memilih Genset Berdasarkan Kebutuhan KVA Genset di Rumah Biasa, Rumah Sakit, Apartemen, Dll

Umumnya seseorang membeli genset sebagai langkah antisipasi bila terjadi pemadaman lampu dalam jangka waktu lama. Namun sebelum Anda menentukan genset yang dipakai, Anda perlu pahami ulasan tentang perbandingan kebutuhan kva genset di rumah biasa, rumah sakit , apartemen, dll. Dengan begitu Anda jadi bisa menentukan mesin diesel mana yang baik dan tepat digunakan.

Sekarang ini semua aktivitas kebanyakan memanfaatkan listrik. Apabila terjadi mati lampu atau pemadaman listrik, tentunya akan menghambat pekerjaan. Terutama di rumah sakit di mana terdapat banyak pasien, begitupun tempat umum lainnya. Atas hal demikian, penggunaan genset sangat dibutuhkan namun tentunya tiap tempat memerlukan genset yang berbeda sesuai kebutuhan.

Berikut beberapa cara memilih genset yang tepat untuk tempat tertentu sesuai kebutuhan.

  • Menentukan watt yang sesuai

Hal pertama yang penting dilakukan yakni menentukan watt atau kva. Sebab tiap tempat pastinya memerlukan genset yang sesuai kebutuhan. Tak mungkin diesel yang digunakan untuk rumah dipakai untuk gedung perkantoran ataupun rumah sakit. Tempat tersebut tentunya butuh daya yang lebih besar ketimbang rumah. Hal ini berdasarkan peralatan listrik yang ada.

Adapun cara menentukan watt baiknya Anda hitung seberapa banyak tenaga listrik yang digunakan, lalu tentukan jumlah tenaga atau daya output pada genset yang akan Anda pakai. Sesudah Anda mendapatkan hasilnya, lalu carilah diesel yang ukuran wattnya lebih besar dari keperluan listrik di tempat Anda. Dengan begitu genset yang dipakai akan lebih awet, paling tidak tenaga genset yang pakai hanya 80 persen dari total maksimal pemakaian.

  • Melihat kebutuhan genset

Pada saat Anda menggunakan genset pilihlah genset yang punya kabel yang agak panjang. Biasanya genset diletakkan diruang tertentu atau ditaruh di luar rumah dimana posisinya agak jauh dari rumah, hal ini tentu membutuhkan kabel panjang. Perhatikan pula pelindung kabel di luar agar tak membahayakan saat hujan datang.

  • Pertimbangan berat genset

Untuk pemilihan genset di apartemen, rumah sakit, gedung perkantoran, dan lainnya, tentu membutuhkan genset dengan kva besar. Ukurannya pun mengikuti besarnya kebutuhan, begitu pula beratnya. Sementara pemilihan diesel Ketika untuk di rumah berat genset menjadi perhatian. Biasanya produk genset yang ringan akan menghasilkan daya yang tinggi. Jika Anda pilih diesel yang memiliki bobot berat maka dayanya tak terlalu tinggi.

Lagi pula dengan mesin yang bobotnya berat jauh lebih murah. Jika Anda ingin genset yang murah, Anda bisa memilih genset dengan berat demikian. Untuk itu, jika Anda yang memakai diesel yang berat gunakanlah roda yang akan menopang gensetnya. Pemakaian roda ini penting agar memudahkan Anda memindahkan genset bila diperlukan.

  • Jenis mesin

Berdasarkan bahan bakar yang dipakai terdapat sejumlah jenis genset. Sebagian besar mesin genset yang mengadopsi mesin 4 stroke, penggunaan bahan bakar yang murni atau tak dicampur yang dipakai. Sementara itu, ada juga jenis genset memakai 2 stroke. Genset macam ini memerlukan bahan bakar yang agak rumit daripada mesin 4 stroke. Tetapi mesin dengan 2 stroke dibanderol dengan harga yang murah.

Pemilihan memilih mesin genset sebaiknya pilih diesel yang suhunya tak terlalu tinggi pada saat Anda gunakan. Dengan ini mesin genset Anda akan terjaga terutama ketika musim panas tiba. Jika mesin tersebut terlalu panas saat Anda pakai akan mempercepat kerusakan, udara panas dari matahari pada musim panas dapat menyebabkan mesin makin panas ketika dipakai.

Cara memilih genset melalui ulasan tentang perbandingan kebutuhan kva genset di rumah biasa, rumah sakit , apartemen, dll ini setidaknya bisa memberikan Anda pilihan terbaik tiap tempat.